Kumpulan Artikel Tentang Makanan Lengkap

Rabu, 18 November 2020

Minuman Khas Ambon Sopi

Minuman khas maluku yang satu ini masih menjadi kontroversi di kalangan masyarakat maluku sendiri. Sopi ambon angsle banyuwangi tai fu sui bangka belitung moke ntt nah itu dia sederet minuman khas daerah daerah di indonesia yang terkenal punya citarasa enak.

Produk Miras Sophia Berkadar 40 Persen Alkohol Resmi Diluncurkan Malukuterkini Com

Proses pembuatannya memakan waktu cukup panjang.

Minuman khas ambon sopi. Dalam kultur dan tradisi maluku sopi melambangkan kebersamaan. Minuman beralkohol tradisional khas maluku dan ambon ini bernama sopi. Selain dikenal dengan nama sopi masyarakat ntt juga menyebutnya dengan sebutan moke.

Selain berkhasiat kamu juga bisa turut andil dalam melestarikan kuliner di indonesia. Minuman ini rasanya harus terus dilestarikan dan menjadi minuman identitas masyarakat flobamora. Jadi mulai sekarang jangan lewatkan untuk mencicipinya ya.

Minuman ini berasal dari fermentasi enau yang telah mengalami proses distilasi. Pasalnya sopi adalah minuman beralkohol yang masih dianggap ilegal. Ini merupakan minuman beralkohol yang disadap dari pohon lontar yang mengandung kadar alkohol yang tinggi yaitu 40 persen.

Felix nesi salah satu pengrajin minuman alkohol tradisional jenis sopi di kabupaten timor tengah utara mengatakan minuman alkohol tradisional tidak menganggu karena di nusa tenggara timur minuman alkohol jenis sopi dikonsumsi tidak hanya untuk senang senang namun untuk persahabatan terutama saat upacara adat. Sopi dihasilkan dari fermentasi enau atau aren yang dalam bahasa ilmiah disebut arenga pinnata. Kopra menjadi komoditas warga nuruwe maluku.

Karena bagi masyarakat ntt minuman tradisional seperti sopi dan tuak merupakan minuman yang berkaitan dengan budaya setempat. Sopi minuman khas flores dan indonesia bagian timur lainnya. Akan tetapi sopi sudah sangat akrab di kalangan masyarakat setempat.

Sopi dibuat dari pohon aren yang banyak tumbuh di hutam maluku. Meskipun minuman ini banyak disita karena illegal dan memabukkan namun sopi masih tetap digemari oleh masyarakat ambon dan bahkan sering disajikan dalam banyak upacara dan pesta adat ambon. Bahkan minuman ini kerap kali dihadirkan dalam acara acara penting atau upacara adat setempat.

Sopi sopi merupakan minuman khas nusa tenggara timur ntt. Gunanya supaya air itu tidak mengental menjadi gula merah. Kalau jepang punya sake sebagai hasil kreativitas dari fermentasi beras russia punya vodka sebagai hasil kreativitas dari fermentasi gandum nah indonesia punya kreativitas yang tidak kalah yaitu sopi yang didapat dari fermentasi air nira dari pohon lontar.

Bahan dasar sopi minuman alkohol tradisional khas maluku. Air pohon enau atau sageru dimasukkan ke wadah dicampur dengan bubuk akar husor. Termakan stigma sebagai sumber konflik.

Berasal dari bahasa belanda zoopje yang berart alkohol cair menjadikannya disebut dengan nama sopi.

Sopi Koli Minuman Keakraban Masyarakat Maluku Barat Daya Travel Tempo Co

8 000 Liter Miras Khas Ambon Dimusnahkan Inilah Com News

Berkunjung Ke Ambon Ini Oleh Oleh Yang Bisa Kalian Bawa Pulang Bagian 2

Ruu Larangan Minuman Beralkohol Beri Pengecualian Acara Adat

Cobain 4 Minuman Khas Maluku Yang Nikmat Dan Segar

Sopi Minuman Keras Dari Flores Kompasiana Com

Sopi Maluku Tribunnewswiki Com Mobile


0 komentar:

Posting Komentar